Friday, August 6, 2010

Sebelum Ramadhan Tiba

Jot Down by Mummy Dasy at 9:48 AM
Sebelum kita memasuki bulan Ramadhan ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Berdoa kepada Allah s.w.t. agar kita dapat bertemu dengan bulan Ramadhan. Juga memohon kepadaNya supaya memberikan kekuatan untuk melaksanakan shaum, qiyamullail dan amal sholeh lainnya didalam bulan tersebut.

2. Membersihkan jiwa dan hati, bertaubat dengan sebenar-benarnya dari dosa dan perbuatan maksiat. Jangan sampai mengotori bulan Ramadhan dan puasa dengan berbagai kemaksiatan dan dosa. Tidak seharusnya seseorang yang melakukan puasa Ramadhan berbuka dengan makanan dari hasil riba, wang rasuah dan penghasilan-penghasilan haram lainnya. Tidak patut seseorang yang menjalankan puasa disatu sisi namun disisi lainnya ia meninggalkan solat 5 waktu yang merupakan Rukun Islam kedua. Demikian pula mereka yang pada siang hari menahan lapar dan dahaga namun malam harinya tenggelam bersama dentuman musik, asap rokok dan minuman beralkohol.

3 Berusaha untuk memahami hukum-hukum berkaitan dengan shaum, mengetahui petunjuk Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam sebelum memasuki Ramadhan, mempelajari syarat-syarat puasa, syarat sahnya, pembatal-pembatalnya. Demikian pula kewajipan-kewajipan, larangan, sunnah-sunnah dan yang dibolehkan dalam puasa. Juga tentang amalan lain yang berkaitan dengan bulan Ramadhan seperti qiyamullail, zakat fitrah dan perilaku Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam berkaitan dengan diri dan keluarganya ketika bulan Ramadhan.

v. Mempersiapkan acara-acara dalam mengisi bulan Ramadhan. Di antara kegiatan yang perlu ditekankan adalah qira'atul Qur'an, mempelajari dan menghafalnya, qiyamullail, acara buka puasa bersama, umrah Ramadhan, I'tikaf, sedekah, zikir, penyucian jiwa serta amal-amal sholeh yang lain secara umum.

SUMBER C&P FB

Jot's :: Selamat berhujung minggu

footer

3 yang membebel:

mummy_ayu said...

tq for mengingatkan..ye la..kita nie kadang kadang tak ingat..

zAnNa@mAMaBaTriCE said...

sharing is caring..thanks

Unknown said...

selamat menyambut bulan ramadhan kak..kesihatan kene jaga...


ramadhan ni leh puasa penuh 1 bulan kan??jgn pinteng k..hehe

 

Ω Bebelan DaSy Ω Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea